PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO SELATAN

ALIF VIA SUFIANTI, (1213053010) (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3376Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 8 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 8 Metro Selatan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa adalah 67,50 dengan persentase sebesar 60,00% (kategori kritis). Pada siklus II meningkat menjadi 77,50 dengan persentase sebesar 80,00% (kategori sangat kritis). Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,08 dengan persentase ketuntasan sebesar 65,00% (kategori tinggi). Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,50 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,00% (kategori sangat tinggi). Kata kunci: kontekstual, berpikir kritis, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7207312 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:50
Terakhir diubah: 18 Apr 2016 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir