PENGARUH PEMBERIAN RANSUM BERBASIS LIMBAH KELAPA SAWIT TERHADAP KADAR AMONIA DAN VOLATILE FATTY ACID PADA CAIRAN RUMEN SAPI PERANAKAN ONGOLE

Gusti Aji Wijianto, (1214141031) (2016) PENGARUH PEMBERIAN RANSUM BERBASIS LIMBAH KELAPA SAWIT TERHADAP KADAR AMONIA DAN VOLATILE FATTY ACID PADA CAIRAN RUMEN SAPI PERANAKAN ONGOLE. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1693Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1613Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pemberian ransum berbasis limbah kelapa sawit terhadap kadar Amonia (NH3) dan Volatile Fatty Acid (VFA) pada cairan rumen Sapi Peranakan Ongole; 2) pengaruh terbaik pemberian ransum berbasis limbah kelapa sawit terhadap kadar Amonia (NH3) pada cairan rumen Sapi Peranakan Ongole; 3) pengaruh terbaik pemberian ransum berbasis limbah kelapa sawit terhadap kadar Volatile Fatty Acid (VFA) pada cairan rumen Sapi Peranakan Ongole. Penelitian ini dilaksanakan pada September--Desember 2015 di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan pengelompokan berdasarkan bobot badan Sapi Peranakan Ongoe. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada taraf nyata 5% dan atau 1% dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) untuk nilai analisis ragam yang menunjukkan hasil berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ransum berbasis limbah kelapa sawit berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar Amonia (NH3) dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar Volatile Fatty Acid (VFA) pada cairan rumen Sapi Peranakan Ongole (PO). Perlakuan terbaik terdapat pada ransum berbasis limbah kelapa sawit tidak terfermentasi (R1) yang menghasilkan rata-rata kadar NH3 yang tertinggi dan optimum yaitu 6,94 mM dan menghasilkan rata-rata kadar Volatile Fatty Acid yang tertinggi yaitu 110 mM pada cairan rumen Sapi Peranakan Ongole. Kata kunci: limbah sawit, cairan rumen, kadar NH3, dan kadar VFA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya hewan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Peternakan
Pengguna Deposit: 4878051 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:35
Terakhir diubah: 19 Apr 2016 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir