STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI SOLEHAH WINDIYANI, 1213031085 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2412Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2876Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS Terpadu serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi pada kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 276 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), (2) hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki motivasi berprstasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajaannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI), (3) hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI), (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: hasil belajar, Group Investigation (GI), motivasi berprestasi, Two Stay Two Stray (TSTS)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 8225084 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:56
Terakhir diubah: 18 Apr 2016 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir