PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP WIYATA KARYA NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

GALUH MULYANI, 1013052027 (2016) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP WIYATA KARYA NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (747Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Wiyata Karya Natar tahun pelajaran 2015/2016?” Metode penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain one-group pretestposttest. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zoutput < ztabel ( -2,818 < -1,645) maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Wiyata Karya Natar Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diberikan (1) Kepada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, hendaknya mengikuti layanan konseling kelompok. (2) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajar yang rendah dengan melakukan layanan konseling kelompok. (3) Kepada para peneliti selanjutnya, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama dengan subjek yang berbeda, dan menggunakan pendekatan serta treatment yang berbeda guna menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bimbingan dan konseling. Kata kunci : Bimbingan , Konseling Kelompok, Motivasi Belajar,.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > Psikologi
Hukum Pidana > Agama > Psikologi

L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 4484149 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:44
Last Modified: 19 Apr 2016 04:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item