PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016

ANGGA FITRA KUSUMA, 1213053013 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara yakni 28,5 % atau sekitar 6 orang siswa mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah di tentukan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,90, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,85. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,027, (0,027 < 0,05) sehingga H ditolak. Dari perhitungan data tersebut terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar PKn.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4034599 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2016 09:12
Last Modified: 19 Apr 2016 09:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21757

Actions (login required)

View Item View Item