VIKTOR TANDA VANBELA , 1213053119 (2016) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 4 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3240Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2683Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS yang ditunjukan dengan persentase ketuntasan sebesar 40% atau 12 siswa dari 20 siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 4 Metro Selatan melalui penerapan metode inkuiri. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,65 pada siklus II menjadi 72,63terjadi peningkatan sebesar 7,98. Persentase ketuntasan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68,42% dengan kategori “Aktif”, pada siklus II menjadi 84,21% dengan kategori “Sangat aktif”, terjadi peningkatan sebesar 15,79%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,15 pada siklus II menjadi 74,71 terjadi peningkatan sebesar 4,56. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 68,42% dengan kategori “Sedang”, pada siklus II menjadi 78,95% dengan kategori “Tinggi”, terjadi peningkatan sebesar 10,5%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode inkuiri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1253292 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 02:47 |
Terakhir diubah: | 20 Apr 2016 02:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21761 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |