PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKADANA PASAR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2015/2016

SITI MASNELI , 1313093109 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKADANA PASAR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1880Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1881Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini rendahnya hasil belajar terutama pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar melalui model pembelajaran tipe Jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran tipe Jigsaw aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Siklus I ketuntasan klasikal aktivitas siswa 54,5% (cukup), siklus II menjadi 77,3% (baik) meningkat sebesar 22,8%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal afektif 54,5%, siklus II menjadi 86,4% meningkat sebesar 31,9%. Siklus I ketuntasan klasikal psikomotor 59,09%, siklus II menjadi 81,80% meningkat sebesar 22,71%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal kognitif 40,9%, siklus II menjadi 81,8% meningkat 40,9%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar Kabupaten Lampung Timur. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, kooperatif tipe Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Users 10079 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:30
Terakhir diubah: 22 Apr 2016 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir