MEGAWATI, 1313093074 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI 5 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2858Kb) |
||
|
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2698Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IVC SD Negeri 5 Metro Pusat sebesar 41,67% siswa yang tuntas dari 24 siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IVC melalui penerepan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Make A Match.dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Ratarata aktivitas siklus I “baik” dan siklus II “amat baik”. Hasil belajar terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model Cooperative Learning tipe Make A Match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Users 10080 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 09:21 |
Terakhir diubah: | 19 Apr 2016 09:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21765 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |