Silfia, 1423041028 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA SISWA KELAS VIII G SMPN 2 NEGERIKATON PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf Download (92Kb) | Preview |
|
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu siswa kelas VIII G SMPN 2 Negerikaton Pesawaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Proses dan aktivitas pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan (2) Peningkatan keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu pada siswa kelas VIII G SMPN 2 Negerikaton Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Tempat penelitian adalah di SMPN 2 Negerikaton Pesawaran Kelas VIII G. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik nontes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian ini menjadi lebih baik, dalam setiap siklus guru menyusun perencanaan pembelajaran, melakukan proses, dan mengevaluasi kemampuan menulis yang menggunakan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMPN 2 Negerikaton . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan mencapai target nilai minimal 75. Hasil tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,27 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,78. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 6,51%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,56. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,78%. Kata Kunci: Kemampuan menulis, petunjuk melakukan sesuatu, metode Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) ABSTRACT The problem in this research is the low skills of writing instructions to do something class VIII G SMPN 2 Negerikaton Pesawaran.The purpose of this study is to analyze and describe (1) Process and activity of learning to write instructions to do something with the type cooperative methods Student Team Achievement Division (STAD) and (2) Improvement of writing skills instructions to do something in class VIII G SMPN 2 Negerikaton Pesawaran. The method used is classroom action research (classroom action reseach). Place of research is Class VIII G in SMPN 2 Negerikaton Pesawaran. This research is a classroom action research (PTK) with two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used in the form of test techniques and techniques nontes, while data analysis technique used is the technique of quantitative and qualitative techniques based on the principle of PTK. The results of this research to be better, in every cycle teachers write lesson plans, process, and evaluate writing skills using the type cooperative Student Team Achievement Division (STAD) in Indonesian lessons in class VIII G SMPN 2 Negerikaton. The results showed an increase and reached the target value of at least 75. The test results obtained prasiklus average value of 68.27 and the first cycle values obtained an average of 74.78. This means an increase of 6.51%. In the second cycle values obtained an average of 83.56. This means an increase from the first cycle to the second cycle of 8.78%. Keywords: Ability to write, call to action, the type of cooperative methods Student Team Achievement Division (STAD).
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 4286624 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 02:12 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2016 02:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21787 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |