PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PADA LEMABA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION UNIT PANJAITAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

GUSMI ALKAFI , 1213031039 (2016) PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PADA LEMABA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION UNIT PANJAITAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3343Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2594Kb) | Preview

Abstrak

Keberhasilan jasa pendidikan dalam hal ini lembaga bimbingan belajar ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa pendidikan tersebut (dalam hal ini peserta didik). Pelayanan jasa dapat dilihat dari beberapa indikator seperti : bentuk fisik (kebersihan gedung, kenyamanan, kerapihan, dll); kepedulian (ramah dan perhatian tentang kesulitan peserta didik, pelayanan tanpa memandang status sosial, dll); keandalan (ketepatan jadwal pelajaran, pelayanan yang mudah, dll); ketanggapan (tindakan pelayanan yang cepat dan tanggap); asuransi (jaminan mendapat pengajaran yang baik dan guru yang profesional). Berdasarkan pengamatan pendahuluan di LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung kepuasan peserta didik masi tergolong kurang karena terjadi penurunan selama 3 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan peserta didik kelas XII SMA pada LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 responden. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yaitu dimensi kualitas pelayanan jasa (X) yang terdiri dari variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel kepuasan peserta didik (Y). Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear multipel. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, maka hasilnya sebagai berikut : Ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik pada LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 21,843 > 2,727. Dengan demikian H1 diterima dan menolak Ho. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan jasa masih efektif digunakan sebagai tolak ukur untuk mementukan keberhasilan LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar. Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari dimesi kualitas pelayanan jasa. Dengan peningkatan kualitas pelayanan yaitu daya tanggap, bukti fisik, kehandalan, empati, dan jaminan terlebih dahulu agar peserta didik kembali memilih LBB Ganesha Operation sebagai tempat yang nyaman dan baik untuk belajar dan berlatih menuju masa depan dan cita-cita yang diimpikan peserta didik. Dan juga agar visi misi perusahaan dapat terwujud yaitu meningkatkan budaya belajar sisiwa dan menjadikan lembaga bimbingan belajar yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Kata kunci : Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa, Kepusasan Peserta Didik, LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 34951195 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:26
Terakhir diubah: 21 Apr 2016 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir