UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN MARGAKAYA KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LIDARIAH, 1413093020 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN MARGAKAYA KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL..pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2722Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2606Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN MARGAKAYA KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Oleh LIDARIAH Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran TGT di SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I dengan jumlah siswa 25 siswa terdapat 19 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 76% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapa 22 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 88% siswa yang aktif dalam pembelajaran. Untuk perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa mencapai 25 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 76% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 23 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 92% siswa yang telah tuntas belajar. Data tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran TGT

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 24372323 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:44
Terakhir diubah: 22 Apr 2016 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir