STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE (LC) DAN TIPE THINK -PAIRSHARE (TPS) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WAYAN DEWI SEPTIANI, 1213031092 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE (LC) DAN TIPE THINK -PAIRSHARE (TPS) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1748Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1302Kb) | Preview

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ekonomi yang masih tergolong rendah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dan Think Pair Share dengan memperhatikan minat belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 5 kelas dan jumlah sampel sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi,wawancara, dokumentasi, tes, angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share, (2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran, minat belajar pada hasil belajar Ekonomi. Kata kunci: LC, minat, studi perbandingan hasil belajar ekonomi, TPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 24931570 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2016 04:51
Terakhir diubah: 25 Apr 2016 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir