PENERAPAN PENDEKATAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 3 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NI WAYAN RATIH, 1213053079 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 3 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3176Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2701Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 3 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 3 Metro Barat melalui penerapan pendekatan PAILKEM. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Teknik non tes menggunakan lembar observasi untuk mengobservasi data aktivitas, hasil belajar afektif dan psikomotor, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif menggunakan soal-soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I 68 dan siklus II 73. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah 66% dengan kategori “cukup aktif” dan siklus II menjadi 85% dengan kategori “sangat aktif” terjadi peningkatan sebesar 19%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68 dan siklus II menjadi 77. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I adalah 41% dengan kategori “kurang” dan siklus II menjadi 79% dengan kategori “Baik” terjadi peningkatan sebesar 38%. Kata kunci : PAILKEM, aktivitas, hasil belajar dan PKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 54535328 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:19
Terakhir diubah: 25 Apr 2016 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir