MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN METODE DISKUSI SISWA KELAS VI SD BHAKTI IBU BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN

ANJAR MARTANTI, 1413093004 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN METODE DISKUSI SISWA KELAS VI SD BHAKTI IBU BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1247Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1248Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Bhakti Ibu Bakauheni Lampung Selatan. Hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar siklus I sebesar 57,05% dan pada siklus II menjadi 83,55%. Hasil belajar meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I sebesar 65, pada siklus II menjadi 80,5. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 60% , pada silkus II meningkat menjadi 85%. Kata kunci :Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 82290591 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:23
Terakhir diubah: 25 Apr 2016 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir