ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN KAKAO DI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ARIEF NURDIANSYAH, 0854023004 (2015) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN KAKAO DI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1499Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1350Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pendapatan usahatani kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur dan (2) sistem pemasaran kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan metode survai pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari - Maret 2014. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap 45 petani yang ditentukan berdasarkan simple random sampling dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan usahatani dananalisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) usahatani kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur menguntungkan bagi petani, dengan rasio penerimaan dengan total biaya sebesar 2,02 dan (2) sistem pemasaran kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur berlangsung tidak efisien, hal ini ditunjukkan oleh rantai tataniaga yang panjang. Ratio Profit Margin (RPM) antara lembaga perantara pemasaran yang terlibat tidak merata dan nilai elastisitas transmisi harga sebesar 1,05 yang artinya bahwa pasar yang terjadi adalah pasar tidak bersaing sempurna. Kata kunci : efisiensi pemasaran, usahatani kakao ABSTRACT This study aims to analyze the cocoa farm income in Sekampung Udik Lampung Timur and the marketing of cocoa in Sekampung Udik of East Lampung Regency. This research was conducted in in Sekampung Udik of East Lampung Regency by survey methold in February-March 2014. Data collected in the form of primary and secondary data. The primary data was obtained by interviewing 45 farmer who were drawn by simple random sampling. The secondary data was obtained from the relevant institutions. Analysis of the data used is the analysis of farm revenue and marketing efficiency analysis. The results showed that cocoa farming in Sekampung Udik of East Lampung was profitable for farmers, in which the revenue ratio at a total cost of $2.02 and cocoa marketing system in Sekampung Udik SubDistrict of East Lampung District lasted inefficient. This was occured by the long chain of business administration. The Ratio Profit Margin ( RPM ) between intermediaries marketing involved uneven and the price transmission elasticity value was 1.05, this means that the market was not perfectly competitive. Keywords : cocoa farming, marketing efficiency

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 40082144 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:44
Last Modified: 26 Apr 2016 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item