STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS MAN 1 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MAULIDA PURNAMA SARI, 1213031055 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS MAN 1 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1861Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1190Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

_____Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui studi perbandingan hasil belajar ekonomi menggunakan media ICT dan media Grafis dengan memperhatikan minat belajar siswa kelas X IPS MAN 1 Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 80 siswa dengan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Data yang terkumpul melalui angket, dokumentasi, dan soal post test. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media ICT dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan media grafis siswa kelas X IPS MAN 1 Pesawaran. (2) Hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan media ICT lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan media Grafis pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi . (3) Hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan media ICT lebih rendah dibandingkan dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan media Grafis pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. (4) Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS MAN 1 Pesawaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi, Media ICT, Media Grafis Dan Minat Belajar. ABSTRACT The background of this study is the low of students’ learning outcomes. This study aims to determine the comparative study of learning outcomes in economic by using ICT media and graphic media by seeing students’ learning interest in X IPS class of MAN 1 Pesawaran. This study used comparative research method with an experimental approach. The population in this study was 120 students. The sample was 80 students by using sample technique in this study were taken from cluster random sampling technique. Data were collected through questionnaire, documentation, and post test. Hypothesis testing used two way anova and t-test for two independent samples (Independent Samples T-Test). Based on data analysis the results as follows: (1) There is difference in learning outcomes of economic between students who learn by using ICT media and learn by using graphic media on students in X IPS class of MAN 1 Pesawaran. (2) Learning outcomes of economic that learn by using ICT media is higher than the class that learn by using graphic media on students who have high learning interest. (3) Learning outcomes of economic that learn by using ICT media is lower than the class that learn by using graphic media on students who have low learning interest. (4) There is interaction between the uses of media in learning with students’ learning interest toward learning outcomes of economic in economic subject in X IPS class of MAN 1 Pesawaran. Keywords: learning outcomes, economic subject, ICT media, Graphic media and students interest.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 73957482 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:06
Terakhir diubah: 26 Apr 2016 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21904

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir