PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT PADA MATERI INFLASI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN AJARAN 2015/2016

KASMAWATI REALITA , 1213031047 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT PADA MATERI INFLASI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1816Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1628Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran dengan software powerpoint pada pembelajaran ekonomi materi inflasi serta menghasilkan produk berupa software powerpoint pada pembelajaran ekonomi materi inflasi di SMA Negeri 1 Tegineneng dalam bentuk kepingan CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and development )yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa kuisioner yang harus diisi oleh guru dan siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Sebelum diujicobakan, media pembelajaran melalui tahap validasi media dan validasi materi oleh ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dengan mentransformasikan data kualitatif menjadi data kuantitatif Hasil penelitian ini adalah media interaktif powerpoint pembelajaran ekonomi materi inflasi yang dikemas dalam bentuk CD (compact disc). Tahapan dalam pengembangan media ini yaitu (1) Pengumpulan data awal, (2) Pengembangan produk, (3) Validasi ahli materi dan ahli media, (4) Revisi, (5) Uji coba produk dan (6) Analisis data. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total 87,5%, ahli materi dengan persentase total sebesar 88%, penilaian guru ekonomi dengan persentase total sebesar 78,3% dan hasil uji coba lapangan yang di peroleh dari penilaian siswa terhadap penerapan media pada proses pembelajaran sebesar 79%. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah sebesar 79 % artinya media pembelajaran dengan powerpoint yang dikembangkan ini tergolong layak untuk dijadikan sebagai media dalam pembelajaran ekonomi materi inflasi. Kata kunci: Inflasi, Interaktif, media, pembelajaran ekonomi, powerpoint ABSTRACT This research aimed to design and create media with PowerPoint software on inflation and economic learning materials to produce products such as powerpoint software on economic learning material inflation in SMA Negeri 1 Tegineneng in the form of CD eligible to apply as a learning medium. This study was a research & development (Research and development) done in class X SMA Negeri 1 Tegineneng , Pesawaran District . The data collection technique using the questionnaire in the form of a questionnaire to be filled by teachers and students after using the instructional media . Before tested , media learning through media validation and validation phase of the material by media experts and subject matter experts . Data were analyzed using descriptive qualitative , by transforming qualitative data into quantitative data. The result of this research is the interactive media inflation powerpoint economic learning materials are packaged in a CD ( compact disc ) Stages in the development of this media are: (1) Initial data collection, (2) product development, (3) experts validation of material and media specialists, (4) Revised, (5) The test product and (6) Analysis of data. The results showed that the products developed is eligible to be applied as a media of learning.Instructional media declared eligible by the feasibility test according to the expert media with a total percentage of 87.5 % , a material with a total percentage of 88% , economics teacher assessment with the total percentage is 78.3 % and the results of field trials were obtained from student assessment towards the implementation of the media in the learning process by 79 % . The average overall assessment is equal to 79 % means that media with powerpoint developed is quite feasible to be used as a medium of learning material inflation economy . Keywords : Economic learning, inflation, interactive, media , powerpoint ,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 4927612 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:40
Terakhir diubah: 26 Apr 2016 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21907

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir