ANALISIS PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) CARA LENDUTAN BALIK DENGAN METODE PD T-05-2005-B DAN PEDOMAN INTERIM NO.002/P/BM/2011

DANU WAHYUDI, 1215011022 (2016) ANALISIS PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) CARA LENDUTAN BALIK DENGAN METODE PD T-05-2005-B DAN PEDOMAN INTERIM NO.002/P/BM/2011. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3162Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2041Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Jalan merupakan infrastruktur transportasi yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya pemeliharaan agar jalan tetap berfungsi secara optimal. salah satunya adalah dengan penambahan tebal lapis tambah (overlay). Pemilihan metode perencanaan yang tepat menjadi faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan desain lapis tambah perkerasan lentur. Hal ini dikarenakan perencanaan yang tidak tepat dapat menyebabkan jalan cepat rusak (under design) atau konstruksi tidak ekonomis (over design). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain lapis tambah yang paling optimum dan biaya siklus hidup yang paling efisien pada proyek peningkatan kinerja ruas jalan Batas Kota Metro-Gedung Dalam, dengan membandingkan pedoman perencanaan tebal lapis tambah perkerasan lentur Pd T- 05-2005-B dan pedoman interim perkerasan jalan lentur No.002/P/BM/2011. Dari perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil desain pedoman perencanaan tebal lapis tambah perkerasan lentur Pd T-05-2005-B relatif sama dengan hasil desain pedoman interim perkerasan jalan lentur No.002/P/BM/2011. Pada STA 0+000-1+600 diperoleh ketebalan sebesar 15 cm dan 16 cm, STA 2+600-5+000 sebesar 16 cm dan 17 cm, STA 5+400-10+000 sebesar 13 cm dan 14 cm. Dengan indikator nilai IRI dan umur rencana 20 tahun, diperoleh biaya siklus hidup Masing-masing metode sebesar Rp 46.306.013.475,- dan Rp 47.025.695.035,- (tingkat perbedaan sebesar 1,5%). Hasil analisa biaya konstruksi akhir umur rencana (Future Worth) pada penelitian ini menunjukkan bahwa pedoman perencanaan tebal lapis tambah perkerasan lentur Pd T-05-2005-B menghasilkan biaya konstruksi akhir umur rencana lebih murah dibandingkan dengan pedoman interim perkerasan jalan lentur No.002/P/BM/2011. Masingmasing sebesar Rp 67.839.672.106 dan Rp 69.885.429.854. Kata Kunci: Jalan, Lapis Tambah, Biaya siklus hidup ABSTRACT Roads are the transport infrastructures which play an important role in supporting the economic growth of a region. Therefore it is necessary to do maintenance efforts so that the roads can function optimally. One of them is by adding overlay. The selection of methods become a factor that must be considered before doing flexible pavement overlay design. It is because of improper planning can cause damaged or uneconomical construction of roads. The purpose of this research was to determine the most optimal and most efficient life cyclecost of overlay design in the roads performance improvement project of Batas Kota Metro-Gedung Dalam by compare “Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Pd T-05-2005-B” and “Pedoman Interim Perkerasan Jalan Lentur No.002/P/BM/2011”. The analysis results show that the design results by using Pd T 05-2005-B are relatively the same with Pedoman Interim No.002/P/BM/2011. At STA 0+000- 1+600 the thickness obtained is 15 cm and 16 cm, at STA 2+600 - 5+ 000 it is 16 cm and 17 cm, and at STA 5+400 - 10+000 it is 13 cm and 14 cm. The indicator value of the international roughness index (IRI) and the design life of 20 years, it obtained life cycle costs of both methods Rp 46,306,013,475,- and Rp 47,025,695,035,- (difference rate of 1.5%). The Results of analysis of the final construction in this research shows that “Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Pd T-05-2005-B” is cheaper than“Pedoman Interim Perkerasan Jalan Lentur No.002/P/BM/201” with each Rp 67.839.672.106 and Rp 69.885.429.854. Keywords :Road, Overlay, Life Cycle Cost

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 6876667 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:16
Terakhir diubah: 26 Apr 2016 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir