EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FITRI MARETA , 1213031034 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1648Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1960Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian betujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Time Token untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala psikologi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1. terdapat perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, 2. terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal, 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal siswa terhadap keterampilan sosial, 4. kerampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal, 5. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) bagi siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal, 6. keterampilan sosial antara siswa yang kecerdasan interpersonal lebih tinggi dibandingkan dengan yang kecerdasan intrapersonal dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), 7. keterampilan sosial antara siswa yang kecerdasan interpersonal lebih rendah dibandingkan dengan yang kecerdasan intrapersonal dengan menggunakan model pembelajaran tipe Time Token. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan sosial, time token, TSTS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 72047385 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:35
Terakhir diubah: 26 Apr 2016 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir