DESILIA SUSANTI, 1213053028 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1160Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (977Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam kategori rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 120 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VB dan VC dengan jumlah 80 siswa. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Observasi untuk mengumpulkan data variabel X (metode inkuiri) dan tes untuk mengumpulkan data variabel Y (hasil belajar). Teknik Analisis data menggunakan analisis T Test dengan bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 80,66 dan kelas kontrol 60,00, kemudian hasil analisis T Test menunjukkan bahwa nilai thitung= 8.793 > ttabel= 2,026, sehingga hipotesis diterima, yaitu ada perbedaan hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode inkuiri siswa kelas V SD N 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Dengan demikian kesimpulannya adalah ada pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Kata Kunci: hasil belajar, metode inkuiri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5744503 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 07:39 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2016 07:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21966 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |