PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

AGUSTINA , 1423012001 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1113Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1785Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya mutu pendidikan berdasarkan rata-rata nilai ujian nasional tahun 2014/2015 di SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian sampel 93 guru di SMP Negeri di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap mutu pendidikan, hal ini bermakna bahwa apabila kepemimpinan kepala sekolah menjalakan peran dan fungsinya dengan baik maka mutu pendidikan juga akan mengalami peningkatan. Iklim sekolah berpengaruh langsung terhadap mutu pendidikan, hal ini bermakna bahwa apabila iklim sekolah dikembangkan menjadi lebih baik dan kondusif maka mutu pendidikan juga akan mengalami peningkatan. Kinerja guru berpengaruh langsung terhadap mutu pendidikan, hal ini bermakna bahwa apabila kinerja guru dilaksanakan dengan baik maka mutu pendidikan juga akan mengalami peningkatan. Kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pendidikan, hal ini bermakna bahwa apabila kepemimpinan kepala sekolah dilaksanakan dengan baik, iklim sekolah dikemabangkan dengan baik dan kinerja guru dilaksanakan dengan baik maka mutu pendidikan juga akan mengalami peningkatan. Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, kinerja guru, mutu pendidikan ABSTRACT The problems of this study are the low quality of education based on the average national test scores year 2014/2015 in SMP Negeri Terbanggi Besar Subdistrict Central Lampung regency. The purpose of this study was to determine and analyze the school leadership, school climate and teacher performance to the quality of education in SMP Negeri Terbanggi Besar Subdistrict Central Lampung regency either partially or simultaneously. This study was a quantitative descriptive research, the study sample 93 teachers SMP Negeri Terbanggi Besar Subdistrict Central Lampung regency. Data was collected by questionnaire. Analysis of data using path analysis (path analysis) and hypothesis testing. The results of this study indicate that school leadership directly affects the quality of education, it means that if run the school leadership roles and functions with both the quality of education will also increase. School climate directly affects the quality of education, this means that if a school climate developed better and conducive to the quality of education will also increase. Teacher performance directly affects the quality of education, this means that if the performance of teachers carried out with both the quality of education will also increase. School leadership, school climate and teacher performance together significantly influence the quality of education, this means that if the school leadership is appropriate, school climate dikemabangkan well and the performance of teachers held with both the quality of education will also increase. Keywords: school leadership, school climate, teacher performance, the quality of education

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 45830944 . Digilib
Date Deposited: 14 May 2016 05:55
Terakhir diubah: 14 May 2016 05:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21980

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir