ANALISIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) DAN OPTIMALISASI UNTUK REDESAIN PROSES AKHIR PENGERINGAN KOPRA DI USAHA KOPERASI BERSAMA KOPRA PUTIH SONIA KABUPATEN PRINGSEWU

Eko Nurdianto, 1115021026 (2016) ANALISIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) DAN OPTIMALISASI UNTUK REDESAIN PROSES AKHIR PENGERINGAN KOPRA DI USAHA KOPERASI BERSAMA KOPRA PUTIH SONIA KABUPATEN PRINGSEWU. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kopra merupakan daging buah kelapa yang dikeringkan untuk proses pembuatan minyak kelapa maupun bahan baku kosmetik. Proses akhir pengeringan kopra di Usaha Koperasi Bersama Kopra Putih Sonia Kabupaten Pringsewu adalah proses setelah pelepasan daging buah kelapa dari tempurungnya lalu menurunkan kadar air buah kelapa tersebut dari kadar 35% menjadi 7%. Dikarenakan alat pengering kopra yang ada saat ini pembuatannya tanpa memperhitungkan proses perpindahan panas yang terjadi maka proses pengeringan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu selama 48 jam, untuk itu dilakukan redesain dari alatnya agar mengoptimalkan waktu pengeringan kopra tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah merancang ulang dan menganalisis model yang sesuai dari alat pengering tersebut menggunakan simulasi komputer melalui software Computational Fluid Dynamics (CFD) yang bisa digunakan untuk evaluasi dalam berbagai model desain mekanik, thermal, maupun model aliran fluida. Berdasarkan simulasi dan optimalisasi pemodelan didapatkan desain yang sesuai agar sebaran suhu didalam ruangan alat pengering merata dengan dimensi alat pengering 540 cm x 180 cm x 180 cm, panjang pipa 134,4 m, diameter pipa 2,54 cm, dimensi rak 230 cm x 170 cm, jumlah rak 10 buah, material dinding adalah seng dilapisi asbes sebagai isolator, dan material pipa adalah tembaga. Kapasitas total alat pengering adalah sebesar 1357 buah kelapa. Suhu rata-rata pengeringan dari alat pengering adalah sebesar 74,41˚C. Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali proses pengeringan kopra pada proses akhir adalah selama ± 10 jam. Kata kunci: alat pengering kopra, proses akhir pengeringan kopra, waktu pengeringan, sebaran suhu, software Computational Fluid Dynamics (CFD)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
> Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 39513649 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2016 01:54
Terakhir diubah: 29 Apr 2016 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir