KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

ERVINA MERIA SARI POHAN, 1113041027 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1125Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (966Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual “video” lebih efektif daripada media visual “gambar” dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media audio visual “video” dibandingkan dengan penggunaan media visual “gambar” terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 220 siswa yang tersebar di dalam 7 kelas. Penyampelan dilakukan dengan cluster random sampling dan terpilih sampel penelitian adalah siswa kelas X6 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X7 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan postest. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Test terhadap data-data pretest dan data-data postest kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan menulis paragraf eksposisi dengan mengunakan media audio visual “video” dan media visual “gambar” pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pretes dan postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, rerata kemampuan menulis paragraf eksposisi di kelompok eksperimen diperoleh pretest sebesar 66,2813 dan postest sebesar 87,4688. Siswa mengalami peningkatan rerata sebesar 21,1875. Sedangkan rerata pada kelompok kontrol diperoleh pretest sebesar 66,53125 dan postest sebesar 84,0625. Siswa mengalami peningkatan rerata sebesar 17,53125. Hasil itu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor kelompok eksperimen lebih tinggi 3,6562 dari kelompok kontrol. Perbedaan itu dibuktikan melalui hasil uji T-test, yakni nilai signifikasi data (0,003 < 0,05). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi hipotesis pada penelitian ini yaitu penggunaan media video lebih efektif daripada media gambar pada pembelajaran menulis paragraf eksposisi teruji dan diyakini kebenarannya dalam tarap kepercayaan 95% (α = 0,05). Kata kunci: audio visual, keefektifan, paragraf eksposisi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 28839835 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:41
Last Modified: 29 Apr 2016 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item