PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOSIAL DI MASYARAKAT DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP N SATU ATAP 1 ANAK RATU AJI

Sri Wahyuni, 1423031056 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOSIAL DI MASYARAKAT DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP N SATU ATAP 1 ANAK RATU AJI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1962Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1654Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk berupa model yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat maupun sekolah, serta menganalisis efektifitas penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran IPS. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R&D) desain Borg and Gall dengan menggunakan desain pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan di SMP N Satu Atap 1 Anak Ratu Aji Lampung Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pengujian dilakukan dengan desain kelas eksperimen pada kelas VIIIA dan desain kelas kontrol pada kelas VIIIB. Produk akhir penelitian ini berupa pengembangan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Inquiry yang telah dievaluasi oleh ahli materi, ahli model pembelajaran, serta uji terbatas Penelitian pengembangan ini menghasilkan (1) Pengembangan model pembelajaran inquiry dapat menyelesaikan masalah sosial di masyarakat. Sehingga produk model pembelajaran inquiry layak digunakan sebagai model belajar di SMP N Satu Atap 1 Anak Ratu Aji Lampung Tengah. (2) Model Pembelajaran Inquiry efektif digunakan pada pembelajaran IPS di SMP karena meningkatkan hasil belajar (Gain Score) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Model pembelajaran inquiry, kemampuan memecahkan masalah sosial di masyarakat ABSTRAK BAHASA INGGRIS This study aims to produce a product in the form of the model used to solve social problems in the community and schools, and to analyze the effectiveness of the use of models of learning in social studies learning. This research approach is the approach to Research and Development (R & D) by using a design development of Dick and Carey. This research was conducted in SMP N 1 Child One Roof Queen Aji Central Lampung in the first semester of the 2015/2016 academic year. Testing is done with the design of the experimental class class class design VIIIA and VIIIB control in class. The end product of this research is the development of learning through Inquiry Learning Model that has been evaluated by subject matter experts, expert learning models, as well as limited test. This research resulted in the development of (1) learning model inquirydapat solve social problems in community. Product worthy of inquiry learning model is used as a model of learning in SMP N 1 Child One Roof Queen Aji Central Lampung. (2) Inquiry Learning Model effectively used in learning social studies in junior high because improve learning outcomes (Gain Score) between the experimental class and control class. Keywords: Model inquiry, social issues

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 82043537 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2016 06:32
Last Modified: 04 May 2016 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22057

Actions (login required)

View Item View Item