PENINGKATAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARDUS PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEDONDONG

SUSIANI , 1323031031 (2016) PENINGKATAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARDUS PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEDONDONG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACK (ABSTRACT).pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2713Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1495Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan aktivitas belajar serta hasil belajar dengan menggunakan media wayang kardus. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar. Alat pengumpul data yang digunakan antara lain observasi, dokumentasi foto dan tes, hal tersebut dilakukan sebagai dasar untuk menafsirkan hasil penelitian di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan media wayang kardus meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa kelas VIII E. Pada siklus 1, pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan media wayang kardus dengan mementaskan satu kali dan membentuk 6 kelompok menunjukkan bahwa minat dan aktivitas belajar siswa dalam satu kelas mencapai 55,47 % sehingga belum sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas. Pada siklus 2, pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan media wayang kardus dengan mementaskan dua kali dan membentuk 6 kelompok menunjukkan bahwa minat dan aktivitas belajar siswa dalam satu kelas mencapai 63,31 % sehingga belum sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas. Pada siklus 3, pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan media wayang kardus dengan mementaskan tiga kali dan membentuk 6 kelompok menunjukkan bahwa minat dan aktivitas belajar siswa dalam satu kelas mencapai 81,65 % sehingga sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas. Kata Kunci : media wayang kardus, minat, dan aktivitas belajar. ABSTRACT This classroom action research aims to describe the interest and activity learning and learning outcomes by using cardboard puppet as media. Method used the classroom action research conducted by 3 cycles to improvement interest and activity learning. Data collection tool used include observation, photo documentation and testing, it is done as a basic for interpreting the results of the research of each cycle. The results of this study indicate the data form the cardboard puppet as media and learning outcomes class VIII E. In cycle 1, the implementation of cardboard puppet as media learning action by performance one time and form 6 group showing that interest and activity learning in one class reached 55,47 % that is not accordance with the criteria of completeness class. In cycle 2, the implementation of cardboard puppet as media learning action by performance two times and form 6 group showing that interest and activity learning in one class reached 63,31 % that is not accordance with the criteria of completeness class. In cycle 3, the implementation of cardboard puppet as media learning action by performance three times and form 6 group showing that interest and activity learning in one class reached 81,65 % that is in conformity with the criteria of completeness class. There is aclose relationship between the interest and activity learning with the learning outcomes. Keyword : cardboard puppet as media, interest, and activity learning.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 67237015 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2016 02:49
Last Modified: 04 May 2016 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22085

Actions (login required)

View Item View Item