PREPARASI DAN KARAKTERISASI LIMBAH BIOMATERIAL CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) DARI PANTAI MUARA GADING MAS SEBAGAI BAHAN DASAR BIOKERAMIK

AYU SEVTIA ANGGRAINI , (1117041004) (2016) PREPARASI DAN KARAKTERISASI LIMBAH BIOMATERIAL CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) DARI PANTAI MUARA GADING MAS SEBAGAI BAHAN DASAR BIOKERAMIK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1618Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Telah dilakukan preparasi cangkang kerang darah (Anadara granosa) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh suhu kalsinasi terhadap gugus fungsional, mikrostruktur, struktur kristal dan sifat termal bahan pembuatan biokeramik. Cangkang kerang darah yang digunakan diperoleh dengan mempreparasi sampel. Cangkang kerang darah yang telah dipreparasi kemudian dikalsinasi pada suhu yang berbeda yaitu 500 °C, 800 °C dan 1000 °C, lalu dikarakterisasi. Analisis dengan DTA/TG terjadi selisih penyusutan massa cangkang kerang dengan kalsium karbonat komersil sebesar 2,17 %. Karakterisasi dengan FTIR menunjukkan dalam sampel sebelum kalsinasi terdapat gugus fungsi O-H, C-H, C-O dan CO3 2-. Setelah kalsinasi menunjukkan gugus fungsi O-H, C-H dan Ca-O. Hasil analisis XRD menunjukkan sebelum kalsinasi memiliki fasa kalsium karbonat fasa aragonite. Setelah kalsinasi kalsium karbonat terdekomposisi menjadi kalsium oksida pada suhu 800 °C. Hasil karakterisasi menggunakan SEM memperlihatkan hasil sampel memiliki struktur permukaan dan ukuran partikel yang berbeda, yang sebelum kalsinasi dan setelah kalsinasi. Hasil karakterisasi EDS menunjukkan bahwa kandungan terbesar yang terdapat pada sampel adalah Ca. Kata kunci: Cangkang kerang darah (Anadara granosa), kalsinasi, kalsium karbonat, kalsium oksida. ABSTRACT Telah dilakukan preparasi cangkang kerang darah (Anadara granosa) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh suhu kalsinasi terhadap gugus fungsional, mikrostruktur, struktur kristal dan sifat termal bahan pembuatan biokeramik. Cangkang kerang darah yang digunakan diperoleh dengan mempreparasi sampel. Cangkang kerang darah yang telah dipreparasi kemudian dikalsinasi pada suhu yang berbeda yaitu 500 °C, 800 °C dan 1000 °C, lalu dikarakterisasi. Analisis dengan DTA/TG terjadi selisih penyusutan massa cangkang kerang dengan kalsium karbonat komersil sebesar 2,17 %. Karakterisasi dengan FTIR menunjukkan dalam sampel sebelum kalsinasi terdapat gugus fungsi O-H, C-H, C-O dan CO3 2-. Setelah kalsinasi menunjukkan gugus fungsi O-H, C-H dan Ca-O. Hasil analisis XRD menunjukkan sebelum kalsinasi memiliki fasa kalsium karbonat fasa aragonite. Setelah kalsinasi kalsium karbonat terdekomposisi menjadi kalsium oksida pada suhu 800 °C. Hasil karakterisasi menggunakan SEM memperlihatkan hasil sampel memiliki struktur permukaan dan ukuran partikel yang berbeda, yang sebelum kalsinasi dan setelah kalsinasi. Hasil karakterisasi EDS menunjukkan bahwa kandungan terbesar yang terdapat pada sampel adalah Ca. Kata kunci: Cangkang kerang darah (Anadara granosa), kalsinasi, kalsium karbonat, kalsium oksida.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Fisika
Depositing User: 9288293 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2016 02:38
Last Modified: 04 May 2016 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item View Item