PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR

Amelia Hani Saputri, 1213043002 (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2185Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1520Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru seni tari, dan siswa yang mengikuti pembelajaran seni tari di kelas VII.3 SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran seni tari dinilai dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada kompetensi sikap dilaksanakan dengan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian jurnal. Pada kompetensi pengetahuan dilaksanakan dengan teknik penilaian tes tertulis, penilaian tes lisan, dan penugasan. Pada kompetensi keterampilan dilaksanakan dengan teknik penilaian tes praktik dan penilaian proyek. Kata kunci: penilaian autentik kurikulum 2013, pembelajaran seni tari. THE IMPLEMENTATION OF AUTHENTIC ASSESMENT CURRICULUM 2013 FOR DANCE ART LEARNING SMP NEGERI 1 LABUHAN RATU This study aims to describe the implementation of authentic assessment of curriculum in 2013 on the competence of attitudes , knowledge , and skills in learning the art of dance in SMP Negeri 1 Labuhan Ratu . This research uses descriptive method with qualitative approach . Sources of data in this study is a dance teacher and students who take dance class learning VII.3 SMP Negeri 1 Labuhan Ratu East Lampung totaling 32 students . Data collection techniques in this research is observation , interview and documentation . The results showed that the implementation of authentic assessment of curriculum in 2013 on the competence of the attitude in learning the art of dance performed by observation , self-assessment , peer assessment , and assessment of the journal . At the competency assessment techniques implemented with the knowledge written test , oral assessment tests , and assignments . At the competency skills assessment tests carried out by engineering practice and project appraisal . Keywords : authentic curriculum in 2013 , learning the art of dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 40287166 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2016 02:38
Terakhir diubah: 04 May 2016 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir