PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA N 1 PAGAR DEWA

Made Desi S, 1213031053 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA N 1 PAGAR DEWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3082Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2316Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa LKS berbasis pendekatan inkuiri terbimbing pada materi kegiatan ekonomi produsen dan konsumen. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek uji coba yaitu: 1) uji reviu oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa 2) uji perorangan meliputi tiga orang siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah 3) uji kelompok kecil terdiri dari sembilan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah 4) uji lapangan terdiri dari dua kelas menggunakan metode One-Shot Case Study, data dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui efektifitas produk LKS hasil pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan: (1) desain dan sintak LKS ekonomi berbasis inkuiri terbimbing yaitu menggunakan 6 langkah model ASSURE sebagai berikut: menganalisis pembelajar, tujuan pembuatan LKS, memilih materi, memadukan materi dan media, libatkan partisipasi siswa, evaluasi dan revisi, (2) pengujian efektifitas LKS ekonomi, yaitu hasil penelitian ahli materi memperoleh hasil sangat baik, ahli desain memperoleh hasil baik, ahli bahasa memperoleh hasil sangat baik, siswa dan guru ekonomi terhadap rancangan LKS ekonomi hasil pengembangan sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar, sehingga layak digunakan dalam pembalajaran. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan pengembangan LKS ekonomi lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang belajar dengan tidak menggunakan produk hasil pengembangan. Ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen > 65%, sedangkan kelas kontrol ketuntasan belajar klasikal < 65%. Maka LKS ekonomi berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dapat dikatakan efektif dan layak digunakan. Kata kunci: Hasil Belajar Ekonomi, LKS, Pendekatan Inkuiri Terbimbing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 31409365 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2016 04:24
Terakhir diubah: 02 May 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir