PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF

IKA LELI ERAWATI, 1323031041 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1994Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1512Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan karakter siswa ABK pada pendidikan dengan fokus penelitian 1) Kesiapan sekolah dan guru pada pendidikan karakter bangsa pada anak inklusif di SD Negeri 2 Metro Selatan. 2) Sistem pembelajaran dalam penerapan pendidikan karakter bangsa pada siswa ABK 3) Urgensi pendidikan karakter bangsa pada anak inklusif di SD Negeri 2 Metro Selatan, 4) Kendala dan hambatan yang terjadi dalam menanamkan pendidikan karakter bangsa pada anak inklusif di SD Negeri 2 Metro Selatan. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif berbasis teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif data yaitu proses analisis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi 1) sekolah telah siap untuk memberikan layanan pendidikan bagi ABK meliputi kesipan guru, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak dan fasilitas penunjang lainnya, 2) Pendidikan karakter bangsa ini dilakukan dengan cara mendampingkan siswa ABK dengan siswa normal, serta melakukan pendekatan dengan kasih sayang, motivasi, memberi perhatian lebih tanpa membuat cemburu siswa regular lainnya, 3) Urgensi pendidikan karakter bangsa pada ABK di SD Negeri 2 Metro Selatan berupa interaksi siswa ABK sudah berjalan dengan baik meskipun masih ditemukan siswa ABK yang belum dapat berinteraksi dengan lingkungannya, 4) Kendala dan hambatan dalam menangani siswa ABK yakni masih terdapat orang tua yang belum mendukung program inklusif dan bleum terdapat assesmen khusus untuk siswa ABK. Kata kunci : Pendidikan karater, ABK, Pendidikan Inklusif abstrak bahasa inggris This study intended to find out and analyzed the character education of ABK students focusing on 1) the Readiness of schools and teachers in the nation's character education to children in primary inclusive schools 2 South Metro. 2) The learning system in the implementation of character education for ABK students 3) The urgency of character education of the nation for children inclusive in SD Negeri 2 Metro South, 4) Obstacles and barriers anything that happens in the imparting education nation's character for inclusive children in SD Negeri 2 Metro South. The Methods of the research used a qualitative approach based on the theory of phenomenology. The data was collected by interviews, documentary studies and field observations. The data were analyzed using interactive patterns of data analysis, data reduction, data presentation, verification, and conclusion. The results of this study consist of 1) the school was ready to serve the inclusive student including teachers, appropriate curriculum to the specific needs of children and other supporting facilities, 2) National character education was done by assist ABK students with normal students, as well as engages with compassion, motivation, giving more attention without making jealous of other regular students, 3) The urgency of character education for ABK in SD Negeri 2 in such as student interaction South Metro ABK were going well although still found ABK students who have not been able to interact with their environment, 4) The obstacles that happen in dealing with student were some parents who do not support an inclusive program and there is no special assessment for ABK students. Keywords: Education character, ABK, Inclusive Education

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
H Ilmu Sosial = Social Sciences
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 91363264 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2016 07:34
Last Modified: 02 May 2016 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item