PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KAMPUNGBARU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Anggi Febriani, 1213053014 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KAMPUNGBARU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1574Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1464Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dan guru belum menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dalam kegiatan belajar mengajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampungbaru Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampungbaru Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan N-Gain dan uji U Mann-Whitney. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampungbaru Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen IVA yaitu 85,5 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol IVB yang hanya mendapat nilai 70,47. Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran, Student Teams Achievement Division abstrak bahasa inggris The problem in this research was about learning out come of social that still low and teachers have not implement Student Teams Achievement Division cooperative learning Model in social teaching and learning activities in IV grade of SD Negeri 2 Kampungbaru Bandar Lampung 2015/2016 school year.This research aimed to determine the effect of Student Teams Achievement Division cooperative learning model to the learning outcome of social IV grade students of SD Negeri 2 Kampungbaru Bandarlampung 2015/2016 school year. This research was a quasi-experimental with Nonequivalent control group design. Research subjects were 50 students divided into two classes. IVA as experiment class and IVB as a control class. The main instrument used test. Data analyzed used N-Gain and Mann- Whitney. The results of the data analyzed obtained conclusions that there the effect Student Teams Achievement Division cooperative learning model learning outcomes of social IV grade students of SD Negeri 2 Kampungbaru Bandar Lampung 2015/2016 school year. These result indicated of the average score of student learning out come who take social studies learning model Student Teams Achievement Division type on the Eksperimental class IVA that is 85,5 higher than the average score of student learning outcomes follow conventional teaching methods in the control class IVB just got score 70,47. Keywords: learning model, Student Teams Achievement Division, results of social studies

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 17251602 . Digilib
Date Deposited: 10 May 2016 08:40
Terakhir diubah: 10 May 2016 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22235

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir