PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG DENGAN KONSEP KOREOGRAFI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG

I WAYAN JASTRA , 1213043017 (2016) PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG DENGAN KONSEP KOREOGRAFI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2154Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2155Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi melalui media audiovisual di Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Banjar Margo kabupaten Tulang Bawang?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi melalui media audiovisual di Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah pembelajaran, tari kreasi Lampung, media audiovisual, dan koreografi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan 17 siswa di esktrakurikuler.Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi tes praktik dan nontes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan vertifikasi data. Proses pembelajaran tari kreasi Lampung melalui media audiovisual dilakukan dengan 4 tahap koreografi: tahap pertama audiovisual, tahap kedua eksplorasi, tahap ketiga improvisasi dan tahap keempat pembentukan. Hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi mendapatkan nilai 69; kategori “cukup”. Kata kunci: audiovisual, koreografi, pembelajaran, tari kreasi Lampung, abstract The aim this research was to observe the process and learning outcomes of Lampung creation dance with a choreography concept through audiovisual in extracurricular SMP Negeri 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Observation, interview, documentation, testing practices, and non test used as data collection techniques of this study. In learning process of Lampung creation dance, through audiovisual media it was done by assessing three aspects such as creation of emotions that make the students are able to create six range of motions with different variation. On the appreciative of emotions, smile the looks so excessive, and the pattern of floor, the students are able to create seven of floor pattern, transition with the group.The results was showed the average value of 69 with enough category of “sufficient" Keyword: audiovisual, choreography, learning, Lampung creation dance.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 62899586 . Digilib
Date Deposited: 12 May 2016 07:03
Last Modified: 12 May 2016 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item