PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG DENGAN KONSEP KOREOGRAFI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG

I WAYAN JASTRA , 1213043017 (2016) PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG DENGAN KONSEP KOREOGRAFI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2154Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2155Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi melalui media audiovisual di Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Banjar Margo kabupaten Tulang Bawang?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi melalui media audiovisual di Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah pembelajaran, tari kreasi Lampung, media audiovisual, dan koreografi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan 17 siswa di esktrakurikuler.Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi tes praktik dan nontes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan vertifikasi data. Proses pembelajaran tari kreasi Lampung melalui media audiovisual dilakukan dengan 4 tahap koreografi: tahap pertama audiovisual, tahap kedua eksplorasi, tahap ketiga improvisasi dan tahap keempat pembentukan. Hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi mendapatkan nilai 69; kategori “cukup”. Kata kunci: audiovisual, koreografi, pembelajaran, tari kreasi Lampung, abstract The aim this research was to observe the process and learning outcomes of Lampung creation dance with a choreography concept through audiovisual in extracurricular SMP Negeri 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Observation, interview, documentation, testing practices, and non test used as data collection techniques of this study. In learning process of Lampung creation dance, through audiovisual media it was done by assessing three aspects such as creation of emotions that make the students are able to create six range of motions with different variation. On the appreciative of emotions, smile the looks so excessive, and the pattern of floor, the students are able to create seven of floor pattern, transition with the group.The results was showed the average value of 69 with enough category of “sufficient" Keyword: audiovisual, choreography, learning, Lampung creation dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 62899586 . Digilib
Date Deposited: 12 May 2016 07:03
Terakhir diubah: 12 May 2016 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir