PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DENGAN PROGRAM LCDS UNTUK MATERI POKOK LISTRIK STATIS SEKOLAH MENENGAH ATAS

SARI RETNO WULANDARI , 1213022067 (2016) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DENGAN PROGRAM LCDS UNTUK MATERI POKOK LISTRIK STATIS SEKOLAH MENENGAH ATAS. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2264Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2158Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian pengembangan berupa modul interaktif dengan program Learning Content Development System (LCDS) materi pokok Listrik Statis SMA bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul interaktif dengan program LCDS untuk materi pokok Listrik Statis SMA serta mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan kemanfaatan, dan keefektifan produk. Tahapan pengembangan modul interaktif menggunakan prosedur pengembangan menurut Suyanto & Sartinem (2009) meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal oleh ahli, uji eksternal oleh pengguna, dan produksi akhir Hasil uji internal diperoleh beberapa saran perbaikan dan modul interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas modul interaktif dari segi kemenarikan Sari Retno Wulandari iii tergolong baik, kemudahan tergolong sangat mudah, kemanfaatan tergolong sangat bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran, yaitu 77,1% siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran untuk ranah kognitif, 85,7% untuk ranah afektif, dan 88,6% untuk ranah psikomotor. Hal ini menunjukkan bahwa modul interaktif menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena penggunaan modul dapat menuntaskan hasil belajar siswa dengan baik. Kata kunci: Listrik statis, Learning Content Development System (LCDS), dan modul interaktif

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 99173778 . Digilib
Date Deposited: 16 May 2016 04:18
Last Modified: 16 May 2016 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22252

Actions (login required)

View Item View Item