PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO PUSAT

MARDAYANI, 1313093066 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1314Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari serangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 58,1 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,6% menjadi 73,7 dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 6,7 % menjadi 80,4 Hasil belajar PKn siswa pada siklus I sebesar 40,6 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,2 % menjadi 58,87% dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 12,4% menjadi 71,2%. Kata kunci : hasil belajar, model cooperative learning, Think Pair Share

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 74047243 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:24
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir