PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIN 7 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ACHMAD AFRIAN DENI , 1213053001 (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIN 7 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2319Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2543Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi pembelajaran IPS di kelas V MIN 7 Kotabumi, yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belum dilaksanakan secara optimal, hal ini dibuktikan oleh rendahnya hasil belajar siswa yakni nilai terendah pada kelas VA adalah 52 dan nilai tertinggi adalah 90, dengan rata-rata kelas 67,52. Siswa yang tuntas mencapai 64% atau 16 orang dan tidak tuntas mencapai 36% atau 9 orang dari 25 siswa. Pada kelas VB nilai terendah adalah 48 dan nilai tertinggi 80, dengan rata-rata kelas 65. Siswa yang tuntas di kelas VB hanya 52% atau 13 siswa dan yang tidak tuntas mencapai 48% atau 12 siswa dari 25 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan antara kedua kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai Sig (2-tailed) 0,031 < 0,05 yang menandakan bahwa model cooperative learning tipe talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: Model cooperative learning tipe talking stick, hasil belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 30579851 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2016 08:15
Terakhir diubah: 25 May 2016 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir