PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO BARAT

LISA ARFINA , (1213053064) (2016) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2819Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1885Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat, terdapat 6 orang siswa (25%) dari jumlah 24 orang siswa mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn dengan penerapan model active learning tipe team quis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Teknik nontes menggunakan lembar observasi dan teknik tes menggunakan soal tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe team quis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori aktif dan siklus II memperoleh kategori aktif. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori aktif dan siklus II memperoleh kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I menunjukkan kategori belum tuntas dan siklus II memperoleh kategori tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I kategori sedang dan siklus II kategori sangat tinggi. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, active learning tipe team quis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 91306248 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2016 08:57
Terakhir diubah: 25 May 2016 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22294

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir