PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BALI SADHAR UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016

PUTU AYU CAKYAMUNI, (1213053089) (2016) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BALI SADHAR UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1815Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1516Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD, siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran IPS karena dianggap membosankan dan tidak menyenangkan, dan guru belum menggunakan variasi model pembelajaran salah satunya yaitu model kooperatif tipe make a match. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar IPS pada materi pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi adalah seluruh kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara yang terdiri dari 48 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas IV A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe make a match yang digunakan dalam kelas eksperimen (X1) dan metode ceramah yang digunakan di kelas kontrol (X2) dengan variabel terikat yaitu prestasi belajar IPS (Y). Hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara yang dilihat dari hasil pengujian hipotesis didapat t hitung > t tabel (12,280 > 2,013). Hasil observasi didapat bahwa lebih banyak siswa yang aktif dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Model Kooperatif tipe Make A Match , Prestasi Belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 84489677 . Digilib
Date Deposited: 28 May 2016 07:22
Terakhir diubah: 28 May 2016 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir