PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V A SD NEGERI 10 METRO PUSAT

SRI MARYATI , (1113053108) (2016) PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V A SD NEGERI 10 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3104Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2686Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V A SD Negeri 10 Metro Pusat. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa yang hanya sebesar 45% (9 siswa) dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan model inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa dilakukan dengan lembar observasi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan saintifik dengan model inkuiri dapat meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar IPA siswa kelas V A SD Negeri 10 Metro Pusat. Kinerja guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, hingga mencapai 82,06 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar afektif, psikomotor dan kognitif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase hasil belajar kognitif mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan mencapai ≥75% pada siklus II yaitu sebesar 85%. Kata kunci: hasil belajar, model inkuiri, pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 47183157 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2016 02:19
Terakhir diubah: 31 May 2016 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir