BHAGUS KURNIAWAN , 1216051025 (2016) PENGGUNAAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI BISNIS (STUDI PADA UKM PETERNAKA AYAM KALKUN MITRA ALAM). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
|
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3793Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3248Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat kepada UKM Mitra Alam berdasarkan Business Model Canvas. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian dari identifikasi Business Model Canvas ini dapat memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk UKM Mitra Alam dimasing-masing elemen. Elemen customer segment perusahaan adalah menengah keatas dan berpendidikan. Elemen value propositions adalah perlunya membuat kemasan yang menarik. Elemen channel terdiri dari distribusi langsung, informasi dari mulut ke mulut dan media online. Elemen customer relationships perusahaan adalah bazaar dan festifal makanan, rutin berkomunikasi dengan komunitas dan seminar. Elemen revenue streams UKM Mitra Alam berasal dari penjualan daging, penjualan bibit atau hias, rumah makan. Elemen key resources perusahaan terdiri dari sumber daya fisik yaitu lahan dan sumber daya manusia. Elemen key activities yang dimiliki terletak pada proses penetasan, pembesaran, pengawinan, pengemasan, promosi dan perawatan kesehatan. Elemen key partnerships UKM Mitra Alam berasal dari mitra ternak kalkun, bank, rumah makan, pemerintah. Sedangkan elemen terakhir yakni elemen cost structure dari UKM Mitra Alam terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Staregi yang tepat untuk UKM Mitra Alam adalah strategi strengths threats atau strategi diversifikasi. Kata Kunci: Business Model Canvas, Perancangan, Strategi, UKM Mitra Alam abstract This study aims to provides appropriate choice for business strategy in UKM of Mitra Alam based on business model canvas. Descriptive qualitative method is use in this research. As for data validity, this study use triangulation method. The result from this research can give proper choice for business strategy in UKM of Mitra Alam for following elements. Enterprise customer segment element is for educated and middle class people. Element of proposition value is needed to create attractive packaging. Element of channel is consists a direct distribution, information by word of mouth and online media. Enterprise customer relationship element are, such as food bazaar, regular communication with the community, and seminars. Element of revenue streams UKM of Mitra Alam is generated from sale of meat, seed and restaurant. Element of key companies resources consist of physical resource, such as land and human resources. Element of key activities lies on hatching process, enlargement, mating, packaging, promotion and health care. Element of key partnership UKM of Mitra Alam is generated from turkey breeder partners, banks, restaurant and government. Meanwhile, the last element is element of cost structure UKM of Mitra Alam consists of raw material cost, labor costs and overhead cost. The appropriate strategy for UKM of Mitra Alam is by using strengths threats strategy or diversification strategy. Keywords: Business Model Canvas, Planning, Strategy, UKM Mitra Alam
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis |
Pengguna Deposit: | 75520003 . Digilib |
Date Deposited: | 31 May 2016 04:05 |
Terakhir diubah: | 31 May 2016 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22327 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |