PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016

ANDREAS TRI WIBOWO , 1213053012 (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 8 METRO UTARA 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2642Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2366Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 8 Metro Utara pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ratarata posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel membuktikan bahwa tingkat kebermaknaannya signifikan sehingga Ha diterima, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: kontekstual, media realia, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 29565800 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:20
Last Modified: 07 Jun 2016 06:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item