PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 4 METRO UTARA

ARRIZAL WAHYU UTAMA , 1113053014 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3504Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 4 Metro Utara pada pembelajaran IPS yang masih rendah yaitu 62,96% dari 10 siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui Penerapan Model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) melalui media visual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team asissted individualization (TAI) melalui media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas siklus I adalah 63,27 kategori baik, meningkat 7,22 menjadi 70,49 pada siklus II kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 65,22 kategori baik, meningkat 9,78 menjadi 75 kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I adalah 74,07% kategori tinggi, kemudian meningkat 14,82% menjadi 88,89% pada siklus II kategori sangat tinggi. Kata kunci: cooperative learning, team asissted individualization (TAI), media visual, aktivitas belajar dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 43514167 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:23
Terakhir diubah: 07 Jun 2016 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir