ANNISA ULFA, 1213053017 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEMPURAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3320Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2756Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempuran, terdapat 9 siswa (42,86%) dari jumlah 21 siswa mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif meningkat pada siklus II menjadi kategori aktif. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif, meningkat pada siklus II menjadi kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I memperoleh kategori belum tuntas, meningkat pada siklus II menjadi kategori tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup tinggi, meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi. Kata kunci: Realistic Mathematic Education, aktivitas siswa, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 83256078 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 06:47 |
Terakhir diubah: | 07 Jun 2016 06:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22366 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |