PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEMPURAN

ANNISA ULFA, 1213053017 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEMPURAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3320Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2756Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempuran, terdapat 9 siswa (42,86%) dari jumlah 21 siswa mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif meningkat pada siklus II menjadi kategori aktif. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif, meningkat pada siklus II menjadi kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I memperoleh kategori belum tuntas, meningkat pada siklus II menjadi kategori tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup tinggi, meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi. Kata kunci: Realistic Mathematic Education, aktivitas siswa, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 83256078 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:47
Terakhir diubah: 07 Jun 2016 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir