PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI SISWA

MAYA SISKAWATI , 1423031041 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI SISWA. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2714Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3324Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media monopoli dan mengetahui efektivitas media monopoli untuk meningkatkan minat siswa belajar Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan desain pengembangan ASSURE dengan langkahlangkah: 1) Menganalisis karakter siswa 2) Menetapkan kompetensi 3) Memilih metode, media dan bahan ajar 4) Pemanfaatan bahan dan media 5) Melibatkan partisipasi siswa 6) Evaluasi dan revisi. Subjek uji coba terdiri dari 1) Reviu oleh ahli desain, media, materi dan bahasa sebanyak 4 orang 2) Uji coba kelompok kecil melibatkan 3 orang siswa yang memiliki minat belajar Geografi tinggi, sedang dan rendah 3) Uji coba kelompok besar melibatkan 12 siswa yang memiliki minat belajar Geografi tinggi, sedang dan rendah 4) Uji coba lapangan sebanyak 2 kelas. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) validasi ahli menyatakan produk menarik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Geografi, 2) hasil uji kelompok kecil, besar dan lapangan menunjukkan hasil tes minat belajar Geografi kelas eksperimen yang menggunakan media monopoli lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Nilai koefisien t hitung sebesar 5,878 dan t tabel sebesar 1,675. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan media monopoli efektif untuk meningkatkan minat belajar Geografi siswa. Kata kunci: Media Monopoli, Minat Belajar Geografi ABSTRACT This study aims to produce products such as media monopoly and determine the extent to which the effectiveness of media monopoly in increasing students' interest to learn Geography. The method used is the Research and Development (R & D) that uses design development ASSURE with the steps: 1) To analyze the character of students 2) To establish competency 3) To selecti methods, media and teaching materials 4) To utilizematerials and media 5) To involve students 6) To evaluate and revise. Subjects trial consisted of 1) The review by design experts, media, content and language of 4 people 2) Trial small groups involving three students who have interest in learning Geography of high, medium and low 3) Trial major groups involved 12 students have a high interest in learning geography, medium and low 4) The field trials by 2 classes. Research and development results show that: 1) Validation experts claim the product attractive and feasible for use as a medium of learning Geography, 2) Test results small groups, large and field show the test results interest in learning geography experimental class using the media monopoly is higher than the grade control using conventional methods. Co-efficient value t arithmetic amounted to 5,878 and t table of 1,675. So learning by using effective monopoly media to increase student interest in learning Geography. Keywords: Media Monopoly, Interest in Learning Geography

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 53708757 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:33
Terakhir diubah: 08 Jun 2016 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir