PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD AL AZHAR 1 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Risqhe Rumsi, 1213053100 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD AL AZHAR 1 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1271Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1098Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan guru belum menggunakan metode pembelajaran role playing pada siswa kelas V SD Al Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Al Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 108 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan Uji- Student t Test pada program SPSS seri 17.0 for windows ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran role playing pada kelas eksperimen (VB) yaitu 82,36 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode ceramah pada kelas kontrol (VC) yang hanya mendapat nilai 57,36. Katakunci: Prestasi belajar, Metode Pembelajaran Role Playing. ABSTRAK BAHASA INGGRIS The problem in this research is a social studies student achievement is low and teachers not using the learning method of role playing in class V SD Al Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung Academic Year 2015/2016. The purpose of this research was to determine the effect of role playing teaching methods on learning achievement IPS students. The research method in this research is quantitative and design used was experimental. The population in this study were all students of class V SD Al Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung academic year of 2015/2016 with the number of 108 students as well as sample. The results of the data analysis technique that uses Uji- Student t test in SPSS 17.0 for Windows series is shown by the average value of the learning achievement of students who take social studies learning teaching methods for role playing in the experimental class (VB) which is higher than the 82.36 the average value of student achievement that followed the lecture method in class control (VC), which only scored 57.36. Keywords: academic achievement, Role Playing Learning Method.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 53722736 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:25
Terakhir diubah: 08 Jun 2016 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir