DIMENSI DAKWAH PADA NOVEL MARYAM BUNDA SUCI SANG NABI KARYA SIBEL ERASLAN DAN STRATEGI PEMBELAJARANNYA DI MADRASAH ALIYAH

KURNIA NING TYAS, 1213041046 (2016) DIMENSI DAKWAH PADA NOVEL MARYAM BUNDA SUCI SANG NABI KARYA SIBEL ERASLAN DAN STRATEGI PEMBELAJARANNYA DI MADRASAH ALIYAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1507Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dimensi dakwah dalam novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan dapat dijadikan sebagai pengetahuan bagi pembaca. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dimensi dakwah yang meliputi dimensi kerisalahan (bi ahsan al-aqwal) yang terdiri atas irsyad dan tabligh serta dimensi kerahmatan (bi ahsan al-amal) yang terdiri dari tadbir dan tathwir. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi dakwah pada tokoh novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan sudah terlihat. Dimensi dakwah tokoh ditunjukkan dengan tindakan-tindakan tokoh dalam kehidupan bermasyarakat yaitu menyebarkan, membimbing, mengajak, menjadi guru, dan memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat di sekitarnya untuk menyembah Allah, menghormati orang tua, mengajarkan ilmu agama, menyayangi fakir miskin dan anak yatim, serta tatacara beribadah. Dimensi dakwah irsyad adalah cara dakwah yang paling sering digunakan oleh para tokoh dalam novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan. Tidak semua tokoh dalam novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan memiliki dimensi dakwah yang utuh atau lengkap; hanya tokoh Isa yang memiliki keempat dimensi dakwah. Strategi pembelajaran dimensi dakwah dalam novel Maryam Bunda Suci Sang Nabi karya Sibel Eraslan dirancang sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik tingkat Madrasah Aliyah kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasar 3.3 menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: dimensi dakwah, novel, strategi pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 26531984 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:35
Terakhir diubah: 08 Jun 2016 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir