MAULIDA SOPIA , 1213043026 (2016) PENGGUNAAN MODEL TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TARI MELINTINGDI SMA NEGERI 07 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (76Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2163Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (907Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model tutor sebaya dalam pembelajaran tari Melinting di SMA Negeri 07 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Melinting menggunakan model tutor sebaya pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 07 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif teori yang digunakan yaitu pembelajaran dan model tutor sebaya pada pembelajaran tari Melinting. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni tari dan 12 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik, dan nontes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, tes praktik, dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendisplaykan data dan kesimpulan. Penggunaan model tutor sebaya dalam pembelajaran tari Melinting di SMA Negeri 07 Bandar Lampung terdapat 5 langkah yaitu, pertama guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kedua menyampaikan materi, ketiga membagi siswa dalam kelompok dan memilih salah satu siswa yang memiliki kemampuan untuk menjadi tutor teman sebaya, keempat memberi tugas kelompok dan kelima evaluasi. Hasil pembelajaran tari Melinting menggunakan model tutor sebaya di SMA Negeri 07 Bandar Lampung mendapat nilai 85 termasuk dalam kriteria baik sekali. Kata kunci : Model Tutor Sebaya, Pembelajaran, Tari Melinting. ABSTRACT The problem of this research was how the use of peer tutor model in learning Melinting dance at SMAN 07 Bandar Lampung. This study aimed to describe the process and learning outcomes of students in learning Melinting dance using peer tutor model in the extracurricular activities at SMAN 07 Bandar Lampung. The method that used in this research was descriptive qualitative, the theory that applied in this research were learning process and peer tutor model in learning Melinting dance. The resources in this study were teacher’s dance and 12 students. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation, practices test, and nontes. The research instruments used were guide observation, interview, documentation guides, practice tests, and nontes. The analysis of the data used is reduction of data, display of data and conclusion. The use of peer tutor model in learning Melinting dance in SMAN 07 Bandar Lampung consistof five stages, those are, first the teacher tells the purpose of learning, second the teacher tells the purposed of learning, third deliver material, divided the students into groups and choose one of the students who have the ability to be a peer tutor, fourth giving group assignments and fifth evaluation. The result of learing Melinting dance using peer tutor model in SMAN 07 Bandar Lampung is 85 which is classified into very good score. Keywords: Peer tutor model, Learning, Melinting dance.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > ML Literature of music > MT Musical instruction and study |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 15845683 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 02:35 |
Terakhir diubah: | 09 Jun 2016 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22401 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |