ANALISIS KEDUDUKAN ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS PADA ADAT LAMPUNG SAI BATIN DI PEKON KERBANG TINGGI PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG

WITA HERLINA , 1213032082 (2016) ANALISIS KEDUDUKAN ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS PADA ADAT LAMPUNG SAI BATIN DI PEKON KERBANG TINGGI PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILM PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1153Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1260Kb)

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mendeskripsikan kedudukan anak laki-laki dan perempuan pada masyarakat adat Lampung Saibatin dalam pembagian harta waris. Metode yang digunakan dalam peneliitian ini adalah metode kualitatif, dengan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analysis interactive Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedudukan anak laki-laki dalam sistem pewaris adat Lampung Saibatin adalah seseorang yang mewakili keluarga sebagai penerima hak penuh atas harta waris yang dimiliki oleh orang tuanya. (2) Kedudukan anak perempuan dalam sistem pewaris adat Lampung Saibatin tidak sama dengan kedudukan anak laki-laki karena anak perempuan setelah menikah akan mengikuti keluarga suami. Kata kunci : adat lampung saibatin, kedudukan anak laki-laki dan perempuan, pembagian harta waris.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> HQ The family. Marriage. Woman
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 32915573 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:18
Terakhir diubah: 09 Jun 2016 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir