PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI APRESIASI PUISI DAN PROSA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WIRATAMA KOTAGAJAH

Mugiono, ADI WINATA (2014) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI APRESIASI PUISI DAN PROSA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WIRATAMA KOTAGAJAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (570Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (541Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (560Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (369Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (576Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1285Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan 1) dihasilkannya produk produk berbentuk modul interaktif materi apresiasi prosa dan puisi mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) diketahuinya efektivitas modul interaktif pada pembelajaran materi apresiasi prosa dan puisi, 3) diketahuinya efisiensi modul interaktif pada pembelajaran materi apresiasi prosa dan puisi, 4) diketahuinya daya tarik modul interaktif pada pembelajaran materi apresiasi prosa dan puisi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) produk divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli multimedia. Produk diujicobakan kepada siswa melalui dua tahap, yaitu uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XII SMK Wiratama Kotagajah. Data dikumpulkan melalui lembar evaluasi untuk ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli multimedia, lembar untuk kerja dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan t-test. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan modul interaktif materi apresiasi prosa dan puisi melalui tahap analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain dan pengembangan media, uji coba dan revisi serta produk final; 2) Modulinteraktif meningkatkan prestasi belajar siswa rata-rata 2,83; 3) Pembelajaran kompetensi dasar mengapresiasikan prosa dan puisi menggunakan modul interaktif memiliki efisiensi berupa penghematan waktu lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan media buku atau modul cetak; dan 4) Modul interaktif memiliki daya tarik yang baik dan terbukti meningkatkan motivasi siswa untuk tetap pada tugas belajarnya. Kata kunci: Apresiasi prosa dan puisi, Modul interaktif The objective of this research are, 1) to produce products heve form module interactive on prose and poem of indonesia language lesson, 2) to know the effective module interactive on poem and prose appreciation learning process, 3) to know the efficiency module interactive on prose and poem appreciation material. Kind of this research is research and development, product validated by the expert of instructional design, the expert of material and the expert of multimedia. The product has try out of students through two step. They are, experiment of small group and experiment of big group. The subject in this research are students of twelfth class of SMK Wiratama Kotagajah. The data collected by evaluation sheet from the expert of instruction desigh, the expert of material, the expert of multimedia, sheet for exercise and angket. To analize data the researcher uses descriptive analyze and t-test. The result of this research are: 1) the development interactive module on prose and poem material through requirement analysis step, instructional design, design and developing media, try out, revision and final product. 2) increasing of student’s learning achievement mith average 2,83 using modul interactive, 3) basic compentence learning of appreciation poem and prose using module interactive has efficiency like saving time is more than learning prosess using book or module printing, 4) module interactive has good interesting and evident to increase student’s motivation to constant of student’s assignment Key word: Module interactive, Poem and prose appreciation

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HE Transportation and Communications
> LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 05:04
Terakhir diubah: 05 Jul 2014 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir