IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAWASAN ZONA PENDIDIKAN (Studi Kasus Kebijakan Kawasan Pendidikan di Jalan ZA. PagarAlam, Gedong Meneng dan Rajabasa Bandar Lampung)

ADELITA RIANTINI , 1216021101 (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAWASAN ZONA PENDIDIKAN (Studi Kasus Kebijakan Kawasan Pendidikan di Jalan ZA. PagarAlam, Gedong Meneng dan Rajabasa Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (625Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Keberadaan kawasan pendidikan yang terletak di sekitaran Jalan Z.A Pagar Alam menjadikan kawasan tersebut beralih fungsi menjadi kawasan bisnis, yang mengakibatkan implementasi kebijakan di kawasan tersebut gagal. Hal tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2011 tentang RTRW yang mengatur kawasan pendidikan Kota Bandar Lampung khususnya. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kawasan zona pendidikan di Jalan Z.A Pagar Alam Bandar Lampung tidak sejalan dengan kebijakan tata ruang kota yang disebabkan dalam proses implementasinya gagal yang disebabkan oleh dua faktor penyebab gagalnya implementasi kebijakan. Pertama dari aspek ekonomi politik. Berdasarkan analisis ekonomi politik bahwa kawasan zona pendidikan yang terletak pada Jalan Z.A Pagar Alam Bandar Lampung yang berubah menjadi kawasan bisnis karena ada kepentingan Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk meningkatkan PAD yang bersumber dari sektor perizinan. Faktor yang kedua dari proses implementasinya tidak efektiv atau gagal karena ada faktor kontradiktif antara kepentingan Pemerintah Kota dalam meningkatkan PAD dengan faktor dukungan terhadap implementasi kebijakan Pemerintah Kota dalam menerapkan kebijakan di kawasan zona pendidikan yaitu : informasi, isi kebijakan, dukungan dan pembagian potensi. Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Kawasan Pendidikan ABSTRACT The existence of educational zones which are located along Z.A Pagar Alam street of Bandar Lampung has been altered into a business district; thus, it showed a failure on the policy implementation. Such situation violates the Regional Regulation No. 10 Year of 2011 on Neighborhood/Community Association Regulation about Spatial governance of educational area of Bandar Lampung in particular. The method used in this research is a descriptive study using a qualitative approach. The researcher employed several data collection methods, such as interviews, observation, and documentation. The results revealed that the neighborhood policy on educational zones on Z.A Pagar Alam street of Bandar Lampung violated the policy of urban spatial structure. There were two aspects caused the malfunction of educational zones. First, aspect of political economy. A deep analyze on political economy explained why the educational zones located on Z.A Pagar Alam street of Bandar Lampung turned into a business district. The alteration occurred because there was an interest of the local government to increase the locally generated revenue (LGR) derived from licensing sector. The second aspect why the implementation process was not effective or failed because there was a contradictory factor occured between the interests of the local government in increasing the LGR and the supporting factors for the implementation of educational zones policy, namely: information, content policies, support and distribution of potential. Keywords : Implementation, Policy, Educational Zones

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: 66411169 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2016 06:46
Last Modified: 10 Jun 2016 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item