ELSA DESTRIYANI, (1213053043) (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PUJO BASUKI TAHUN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2477Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2090Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pujo Basuki pada pembelajaran Matematika yakni 12 siswa (63,16%) dari 19 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase ketercapaian pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase 47,37% berada pada kategori “Kurang Kritis”, pada siklus II keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase 84,21% berada pada kategori “Kritis” meningkat sebesar 36,84%. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 65,26, pada siklus II hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 72,63, meningkat sebesar 7,37. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, model discovery learning, matematika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 28895750 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 06:59 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2016 06:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22446 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |